Menjajal Mengunjungi 7 Tempat Wisata Religi di Tanah Suci, Agar Umrah Makin Berkesan

Kategori : Umrah, Wisata, Ditulis pada : 17 November 2023, 18:00:56

Siapa yang tidak mau melaksanakan ibadah ke Baitullah? Setiap muslim pasti ingin merasakan menjalani rangkaian ibadah haji maupun umrah di tanah suci. Rasa rindu akan tanah yang jadi saksi sejarah peradaban Islam itu, pasti ada dalam hati para muslim. Setiap tahun, ratusan ribu bahkan jutaan umat muslim berkunjung ke Ka’bah untuk menunaikan rukun Islam yang kelima tersebut.

Perjalanan umrah akan makin lengkap bila Anda menyempatkan diri untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata religi di kota Makkah dan Madinah. Pastinya, wisata religi ini bisa Anda lakukan setelah melaksanakan keseluruhan rangkaian ibadah umrah.

Niat utama mengunjungi Baitullah adalah untuk beribadah. Adapun rencana mengunjungi tempat wisata religi adalah tambahan untuk semakin memperkuat keimanan serta semangat dalam beribadah. Juga untuk mengenang masa kejayaan Islam dengan melihat secara langsung tempat-tempat bersejarah yang ada di tanah suci.

Nah, inilah 7 destinasi wisata religi yang bisa Anda datangi setelah umrah ketika berada di Baitullah. Yuk, simak selengkapnya!

Jabal Rahmah

Jabal Rahmah adalah tempat yang memiliki nilai sejarah, yaitu tempat pertama bertemunya Nabi Adam dan Hawa setelah sekian lama diturunkan ke bumi. Tak heran, begitu banyak umat Islam yang datang berkunjung ke Jabal Rahmah untuk menyaksikan secara langsung tempat ini.

Ciri khusus yang terdapat di Jabal Rahmah ini, Anda dapat melihat tugu persegi panjang berwarna putih di atas bukit. Tugu beton ni menjulang dengan tinggi sekitar 8 meter. Untuk mencapai puncak bukit Jabal Rahmah, Anda harus naik setinggi 70 meter yang hanya dapat dilalui dengan cara berjalan. Jadi, pastikan Anda memiliki fisik yang kuat ya!

Gunung Uhud

Destinasi yang kedua adalah Gunung Uhud. Masih ingatkah Anda tentang sejarah Perang Uhud? Ya, Perang Uhud adalah perang yang cukup terkenal pada zaman Rasulullah. Sebab pada saat itu terjadi perang besar antara umat Islam dan kaum kafir Quraisy di Gunung Uhud. Umat Islam terpukul sebab mengalami kekalahan.

31.jpg

Photo by Sulthan Auliya on Unsplash

Pastinya, banyak hikmah atas kekalahan umat Islam pada saat itu. Yaitu, dalam peperangan wajib taat pada perintah panglima perang yang saat itu dipimpin oleh Rasulullah. Karena tidak tunduk, maka akan mudah dikalahkan oleh musuh. Saat itu, kaum kafir Quraisy dipimpin salah satu panglima perang terbaik yaitu Khalid bin Walid, yang nanti akhirnya masuk Islam. Bahkan, ia mendapat julukan Syaifullah yang berarti pedang Allah.

Gunung setinggi kurang lebih 350 meter tersebut berlokasi di utara kota Madinah. Anda dapat mengunjungi Masjid Al Fash, sekaligus berkunjung ke makam para sahabat Nabi yang gugur dalam perang Uhud. Di tempat ini juga terdapat tempat Rasulullah melaksanakan shalat selesai perang Uhud.

Masjid Quba’

Tempat berikutnya yaitu Masjid Quba’. Masjid Quba adalah masjid yang dibangun oleh Rasulullah ketika hijrah yaitu pada tahun 1 Hijriyah atau tahun 622 Masehi. Masjid Quba juga menjadi masjid pertama kaum muslimin yang digunakan untuk Shalat Jumat. Jadi, banyak umat Islam yang ingin berkunjung di masjid bersejarah tersebut ketika umrah.

32.jpg

Photo by Hasan Taha on Unsplash

Masjid Quba tampak megah dengan warna putih sebagai ciri khasnya. Ada tiga pintu sebagai akses keluar masuk di Masjid Quba. Pada bagian tengah, Anda bisa menemukan sumur serta tempat wudhu (sahn), sedangkan di area luar masjid Anda bisa membeli aneka macam kurma untuk oleh-oleh. Masjid Quba terus mengalami perbaikan, sehingga masih tetap berdiri kokoh sampai sekarang ini. Jadi, luangkan waktu untuk berkunjung ke sini ya, ketika melaksanakan ibadah umrah.

Gua Hira’

Gua Hira’ adalah tempat di mana Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama kali. Anda juga bisa menyaksikan secara langsung tempat ini dari dekat, tetapi Anda harus dalam keadaan fisik yang fit untuk mencapai tempat ini. Karena, jalan menuju Gua Hira’ melintasi tebing yang lumayan curam. Jangan lewatkan mampir ke Gua Hira’ sesudah melaksanakan rukun umrah agar mendapatkan pengalaman yang berkesan.

Masjidil Haram

ketika menunaikan umrah, dapat dipastikan Anda akan mengunjungi Masjidil Haram yang terletak di Kota Makkah. Sebab mayoritas rukun umrah dilakukan di Masjidil Haram, mulai dari thawaf, sai, dan tahallul. Anda juga mendapat kesempatan berdoa di tempat-tempat mustajab antara lain Hijr Ismail yang berlokasi di dekat bangunan Ka’bah. Rasakan nikmatnya beribadah dan beri’tikaf ketika berkunjung ke Masjidil Haram.

Masjid Nabawi

Masjid lain yang harus Anda kunjungi yaitu Masjid Nabawi. Masjid yang bertempat di Kota Madinah ini adalah masjid utama yang digunakan oleh Rasulullah selama mendakwahkan agama Islam di Madinah. Dahulu, Masjid ini masih di area rumah Rasulullah. Bahkan, Rasulullah juga dimakamkan di area masjid Nabawi.

33.jpg

 Photo by Afif Kusuma on Unsplash

Kerinduan pada Rasulullah bisa terobati saat Anda berada di Masjid Nabawi. Masjid yang disebut masuk salah satu masjid terbesar di dunia ini senantiasa ramai oleh para jamaah umrah. Anda bisa mengunjungi Raudhah, salah satu tempat yang paling mustajab untuk berdoa.

Jannatul Baqi

Bagi Anda yang ingin ziarah makam, dapat berkunjung ke Jannatul Baqi di Kota Madinah. Di sanalah tempat dimakamkannya mayoritas sahabat Rasulullah. Di lokasi yang dijuluki Tree Garden of  Heaven (Jannatul Baqi’) ini Anda bisa mendoakan para sahabat yang dikubur di sana.

Jabal Tsur

Selanjutnya, tempat dengan sebutan yang tak asing lagi yaitu Jabal Tsur. Ya, di Jabal Tsur terdapat lokasi bersejarah yaitu Gua Tsur, tempat Nabu SAW bersembunyi selama tiga hari bersama sahabatnya yaitu Abu Bakar saat hijrah ke Madinah. Anda bisa menjadikan Jabal Tsur sebagai pilihan tempat untuk dikunjungi saat umrah.

Pasar Ja’fariyah

Terakhir, tak lengkap rasanya ibadah umrah tanpa membawa oleh-oleh saat pulang ke tanah air. Anda bisa mengunjungi Pasar Ja’fariyah yang letaknya satu kilometer dari Masjidil Haram. Anda dapat berbelanja macam-macam camilan seperti kurma, kismis, dan sebagainya. Ada juga cinderamata seperti tasbih dan sajadah yang dapat Anda bawa untuk oleh-oleh keluarga dan sahabat.

Nah, itulah 7 destinasi wisata religi yang dapat Anda kunjungi setelah menunaikan ibadah umrah. Semoga umrah Anda diterima, serta bisa merasakan perjalanan yang lebih berkesan dengan berkunjung ke tempat-tempat tersebut.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id