Inilah 10 Hal yang Penting Anda Persiapkan Sebelum Umrah

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 28 November 2023, 16:00:42

Bagi Anda yang pertama kali akan melakukan umrah, Anda pasti bingung tentang hal yang wajib Anda lakukan sebelum ibadah umrah. Mulai dari dokumen, pendaftaran, kelengkapan barang, dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting, karena jika ada yang tidak lengkap dipersiapkan, maka Anda mungkin tidak bisa khusyu’ beribadah umrah di Baitullah.

Nah, sebagai gambaran apa yang wajib Anda persiapkan sebelum umrah, Anda bisa mengikuti ulasan berikut ini dari awal hingga akhir.

Persiapan Jasmani

Hal pertama yang harus dipahami adalah umrah sama halnya dengan ibadah Haji, yaitu rukun-rukunnya memerlukan kebugaran jasmani yang prima. Maka dari itu, jamaah yang hendak berangkat umrah setidaknya wajib ada persiapan sebulan sebelumnya untuk menyiapkan fisik yang kuat supaya ibadah umrahnya lancar.

man-1245658_1280.jpg

Image by Free-Photos from Pixabay

Anda dapat menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, serta minum makanan tambahan seperti madu, vitamin, dan seterusnya. Anda juga bisa mulai merutinkan berolahraga, seperti lari pagi, senam, atau olahraga lainnya. Berbekal fisik yang kuat akan mendukung kelancaran Anda dalam melaksanakan ibadah umrah di tanah suci.

Persiapan Rohani

Selain fisik yang prima, Anda juga wajib menyiapkan ruhani Anda agar dapat benar-benar tenang dalam melakukan ibadah umrah. Ibadah umrah memerlukan niat yang tulus beribadah semata karena Allah SWT, serta keikhlasan yang tinggi. Karena bagi orang yang melakukan umroh berarti harus meninggalkan pekerjaan dan keluarga untuk beberapa waktu. Selain itu, Anda juga harus menghabiskan sejumlah dana yang wajib dibayarkan via jasa travel umrah yang Anda pilih.

Persiapan Dokumen

Dokumen yang harus dipenuhi sebelum melaksanakan umrah antara lain KTP|Kartu Identitas Diri|Kartu Tanda Penduduk), paspor, visa, catatan vaksinasi, buku nikah, tiket pesawat yang digunakan, tanda terima pemesanan tempat menginap, tanda bukti pembayaran, dan lain-lain.

Persiapan Barang Bawaan

Nah, ini adalah pokok persiapan yang wajiib diperhatikan. Sebaiknya, Anda membawa paling banyak tiga tas dan koper untuk membawa barang-barang yang Anda bawa. sebuah koper besar, sebuah tas jinjing, dan satu tas berukuran kecil. Masing-masing bisa diisi dengan barang sesuai kebutuhan. Misal untuk pakaian ditaruh dalam koper, tas jinjing untuk memuat alat-alat mandi, obat-obatan dan kelengkapan dokumen, sedangkan tas kecil untuk membawa identitas, kertas tisu, pelembab, dan lainnya.

Mempelajari Tentang Umroh

laptop-820274_1280.jpg

Image by fancycrave1 from Pixabay 

Hal ini kadang terabaikan, padahal semestinya ini adalah langkah yang cukup penting untuk dilakukan. Sama halnya saat kita hendak menjalani suatu ibadah, kita harus memahami syarat sahnya, rukun-rukunnya, urutannya supaya tertib, aturan-aturannya, dan doa yang harus dibaca. Anda bisa mencari referensinya yaitu dengan membaca buku panduan umrah, berselancar di internet tentang umrah, dan sharing dengan orang yang sudah melaksanakan umrah.

Memilih Jasa Travel Umroh Terpercaya

Sebaiknya, pilihlah biro jasa travel umrah yang bonafid. Anda bisa mengeceknya dengan cara melihat ulasan pengguna jasa yang telah diberangkatkan, juga mengamati profil serta riwayat travel umroh tersebut. Apabila biro travel umrah Anda telah memakai software khusus aplikasi umrah sehingga layanan mereka bisa Anda cermati melalui online, misalnya dengan mengakses website, mendapat pemberitahuan email dan SMS untuk progres pendaftaran Anda, dan sebagainya.

Membawa Obat-obatan Pribadi

Jika Anda memiliki riwayat kesehatan yang kurang baik, memiliki alergi yang spesifik, dan membutuhkan meminum obat-obatan khusus, Anda perlu menyiapkan obat-obatan khusus yang harus Anda bawa saat pelaksanaan umrah. Selain itu, obat yang umum misalnya P3K dan minyak urut, juga bisa Anda siapkan secukupnya.

Menyiapkan Barang-barang Khusus Wanita/Pria

Barang-barang khusus perempuan banyak jenisnya, misal pakaian khusus wanita untuk umrah, mukena, jilbab, peniti, dalaman hijab, kaos kaki, pakaian dalam, dan sebagainya.

Untuk laki-laki, karena menggunakan kain ihram tanpa jahitan, Anda dapat membawa kain ganti dan juga pakaian ganti ihram yang dibutuhkan. 

Merencanakan Doa-doa Sebelum Pelaksanaan Umrah

Saat umrah, biasanya ada beberapa doa yang ingin Anda panjatkan. Ada pula doa titipan dari kerabat dan juga teman. Supaya tidak lupa, siapkan catatan khusus doa, agar Anda tidak lupa dan tidak blank saat berdoa di tempat-tempat mustajab.

Persiapan Suplemen Tambahan untuk Menjaga Stamina dan Kesehatan Saat Pelaksanaan

Penting sekali memperkuat stamina saat mrelakukan ibadah umrah. Anda bisa memasukkannya dalam daftar barang bawaan, masukkan di tas kecil sehingga Anda dapat meminumnya saat diperlukan.

Nah, itu tadi 10 hal yang harus Anda persiapkan sebelum melaksanakan umrah. Bicarakan dengan layanan travel umrah Anda serta ustad pemandu apa yang perlu dan tidak perlu disiapkan. Semoga membantu!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id